web hit counter

Tuchel Tinggalkan Dortmund, Arsenal Perpanjang Kontrak Wenger

In Berita

Thomas Tuchel dan Arsene Wenger memiliki nasib yang berbeda meskipun berhasil membawa timnya masing-masing, yakni Borussia Dortmund dan Arsenal, menjadi juara piala domestik pada minggu lalu. Tuchel sukses memenangkan trofi pertamanya bersama Dortmund setelah menang 2-1 di partai final DFB Pokal melawan Eintracht Frankfurt, sementara Wenger sukses membawa Arsenal menjadi tim yang paling banyak menjuarai FA Cup dengan 13 gelar juara, setelah berhasil mengalahkan Chelsea dengan skor 2-1 di Stadion Wembley.

Meskipun meraih hasil yang hampir identik dan patut dibanggakan, namun berbeda pula jalan yang harus dialami oleh Tuchel dan Wenger. Sesaat setelah Dortmund merayakan keberhasilan mereka dalam merengkuh gelar juara DFB Pokal, Tuchel membuat pernyataan resmi bahwa ia mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Dortmund. Hal yang bisa dibilang cukup mengejutkan, mengingat prestasi Tuchel musim ini bisa dikatakan tidak begitu jelek. Selain berhasil memenangi trofi pertamanya bersama Dortmund di ajang DFB Pokal, ia juga berhasil membawa Dortmund finish di peringkat tiga Bundesliga sekaligus membuat Dortmund secara otomatis berlaga di babak fase grup Champions League musim depan. Ia juga berhasil membawa Dortmund berlaga hingga ke babak perempat final musim ini sebelum disingkirkan AS Monaco, itu pun setelah Dortmund harus menghadapi kendala eksternal berupa insiden ledakan saat melakukan perjalanan ke stadion menggunakan bus.

Overall, Tuchel sendiri sudah berhasil berperan sebagai suksesor seorang Jurgen Klopp karena berhasil membuat Dortmund tetap bermain dengan gaya permainan ofensif dan cepat serta menarik untuk ditonton. Ia juga berhasil menghidupkan kembali karir pemain-pemain yang tidak memiliki karir cemerlang di klub sebelumnya seperti Shinji Kagawa dan Marc Bartra, serta merekrut dan memberi kepercayaan kepada pemain-pemain muda bertalenta seperti Ousmane Dembele dan Emre Mor. Tuchel juga memiliki poin plus dalam melakukan man management dengan para pemainnya, misalnya dengan Pierre Emerick Aubameyang yang seringkali digoyang isu kepindahan dirinya dari Dortmund. Dengan usia yang relatif masih muda, 43 tahun, masih banyak ruang untuk improvement dari seorang Tuchel untuk dapat mengembangkan karir kepelatihannya di masa depan. Tuchel sendiri gencar diberitakan sebagai salah satu kandidat pengganti Arsene Wenger di Arsenal, bersama dengan pelatih muda lainnya seperti pelatih Juventus, Masimilliano Allegri.

Namun ternyata di London Utara sendiri, Arsene Wenger ibarat sedang menerima rezeki durian runtuh. Bagaimana tidak, meski gagal membawa Arsenal lolos ke Champions League musim depan setelah hanya mampu finish di peringkat lima Premier League musim ini, Wenger justru malah mendapat perpanjangan kontrak selama dua tahun tidak lama setelah dirinya mengantarkan Arsenal juara FA Cup, setelah banyak rumor yang mengatakan bahwa dirinya tidak akan mendapat perpanjangan kontrak, apalagi mengingat banyak sekali fans Arsenal yang sudah mengumandangkan slogan “Wenger Out”. Hal tersebut membuat banyak sekali fans Arsenal yang kecewa karena menganggap waktu Wenger di Arsenal sudah habis. Selain karena taktiknya yang sudah dianggap usang, Wenger dianggap tidak lagi memiliki ambisi untuk membawa Arsenal meraih gelar juara, baik di kompetisi lokal maupun Eropa karena Arsenal seringkali hanya menjadi bulan-bulanan bagi para pesaingnya. Tugas Wenger sendiri cukup berat, di mana hal pertama yang ia harus lakukan adalah mempertahankan pemain-pemain bintang Arsenal seperti Alexis Sanchez dan Mesut Ozil yang mungkin saja dapat hengkang dari Arsenal mengingat mereka tidak akan bermain di Champions League musim depan. Wenger sendiri secara ambisius langsung mematok target tinggi untuk menjadi juara Premier League di musim depan.

Akankah Wenger mampu memenuhi ambisi tingginya ataukah dirinya hanya akan mampu mengantar Arsenal menjadi pelengkap top four seperti biasanya? Mari kita tunggu.

 

You may also read!

Jelang Putaran Final, Berikut Jadwal Lengkap Piala Asia U-19 2018

Dalam hitungan hari Piala Asia U-19 2018 akan dimulai. Sebanyak 16 negara terpilih akan ambil bagian dalam kejuaraan yang

Read More...

Eden Hazard Ingin Hijrah ke Real Madrid

Rupanya rumor terkait masa depan Eden Hazard masih terus dibicarakan. Pemain internasional Belgia itu masih terikat kontrak bersama Chelsea

Read More...

Jadi Pahlawan Kemenangan, Pemain Senior Persija Ini Banjir Pujian

Rudi Widodo tampil sebagai pahlawan kemenangan Persija di pekan ke-24 Liga 1 2018 saat menghadapi Perseru Serui di Stadion

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu